Memaknai hidup untuk saling berbagi. Walaupun tidak berbentuk materi, tapi berbagi berupa ilmu dan informasi. Karena Informasi Tiada Henti







Wednesday 1 June 2011

Etika Ber-Twitter

Dimanapun kita, kita harus menjunjung etika dalam ber-twitter. Sudah selayaknya setiap tweeple menghormati tweeple lainnya dan pemilik situs twitter.

      Dalam dunia twitter pasti ada orang yang mengambil keuntungan dari setiap celah. Mereka seringkali menipu untuk mendapat keuntungan diri sendiri. Hati-hati dalam ber-twitter karena bisa jadi Anda akan menjadi korban keganasan tukang tipu.

1. Yang Pertama dan Utama Adalah Sopan.

Jadilah orang yang sopan di mana saja termasuk di dunia twitter. Dalam menulis status, hindari kalimat yang mengandung SARA, bersifat menuduh, menghina, menyindir, atau kata-kata kotor.Jangan memancing permusuhan, menghina, merendahkan orang, menyebar fitnah dan isu yang tidak benar, dan sejenisnya.Indonesia telah mengesahkan UU internet yang berarti dapat menjerat siapa saja yang menyebar fitnah di dunia maya.

 

2. Membalas Tiap Pesan

Bagaimana perasaan Anda jika tidak mendapat jawaban dari seseorang. Mungkin Andaakan kesal, bisa-bisa Anda memutuskan hubungan twitter ke orang tersebut. Jawablah pesan dari kawan Anda dengan baik jika mereka menanyakan sesuatu yang baik juga.Jika ada tweeple yang mencoba mengirimkan pesan yang buruk, abaikan saja.Jangan terpancing dan membuang waktu Anda dengan orang yang berperangai buruk.

 

3. Jangan Post Twitter dengan Tweet Orang Lain Tanpa Memberikan TandaRetweet atau Rt.

Hargailah kerja orang dengan memberikan kutipan.

 

4. Jangan Men-tweet Hal Pribadi Diri Sendiri Apalagi Rahasia Orang Lain.

Sebagian orang yang bersifat terbuka terkadang men-tweet urusan pribadi atau rahasia pribadi. Ini tentu akan merugikan orang itu sendiri nantinya. Maka manfaatkanlah twitter dengan bijak. Hindari menulis sesuatu yang bersifat pribadi seperti nomor telepon, atau sesuatu yang mengundang niat kriminal misalnya, infomasi bahwa kita sedang sendirian di rumah.Karena mungkin saja salah satu follower kita adalah penjahat.

 

5. Jangan Menggunakan Twitter untuk Menyampah dengan Spam.

Spam atau junk mailaliassurat sampah adalah hal yang paling dibenci oleh surfer karena akan memenuhi ruang twitter. Batasi tweets, agar tidak dianggap spam (penyalahgunaan untuk menampilkan iklan di situs web). Pihak twitter juga ingin menjaga kenyamanan sesama pengguna.

 

 

6. Jangan Menipu atau Scam di Twitter.

Twitter sebaiknya tidak menjual e-book yang menjanjikan keuntungan berlipat. Tweeple sebaiknya jangan mudah percaya dengan iming-iming keuntungan ribuan dollar.Kalau bisa melipatgandakan uang kenapa mereka sendiri yang tidak melakukannya uang.

 

7. Hendaknya Tidak Tweet yang Berasal dari Satu Web atau Blog Semata Karena Akan Membosankan.

Biasanya, tweeple tersebut mau mempromosikan blog atau websitenya. Kombinasikan tweet Anda dari berbagai website, video atau link.

 

8. Jangan Mem-postLink Commercial Semata.

Banyak twitter yang menawarkan produk, jasa atau link ke iklan tertentu. Biasanya hal ini dilakukan oleh twitter pemula yang ingin mendapatkan uang. Sebenarnya cara ini tidak efektif karena tidak semua followers akan mengklik iklan yang akan mendatangkan uang. Apalagi tidak semua linkakan membayar tweeple jika link tersebut hanya diklik dan tidak diikuti oleh pembelian barang.

      Umumnya tweeple tidak menyukai link komersial yang menawarkan produk, e-book atau jasa.Kalaupun terpaksa harus mempost link commercial maka lakukan tiap 10 kali tweet.


Sumber : berbagai sumber


Like the Post? Do share with your Friends.

No comments:

Post a Comment

IconIconIconFollow Me on Pinterest

KOMPAS TEKNO

Page Rank

PageRank Checker

What's Hot