Memaknai hidup untuk saling berbagi. Walaupun tidak berbentuk materi, tapi berbagi berupa ilmu dan informasi. Karena Informasi Tiada Henti







Wednesday 1 June 2011

Sepuluh Kiat Yang Harus Dihindari Pengguna Facebook

Suka atau tidak suka tapi perkembangan Facebook yang luar biasa, khususnya di Indonesia, membuat kecanduan bagi penggunanya. Dominasi friendster sebagai situs jejaring sosial yang cukup populer beberapa tahun lalu kini digeser oleh Facebook, sebuah situs jejaring sosial yang bisa disebut minimalis dari segi desain tapi kaya akan fitur dan pendukung.

      Namun, seperti halnya situs jejaring sosial lainnya,penggunaan Facebook pun tetap harus memperhatikan etika yang ada sehingga apa yang dilakukan tidak menimbulkan keresahan atau tidak sedap dipandang oleh pengguna lainnya.

      Misal: kita termasuk orang yang sering sekali meng-update status dan terkadang malah memasang status yang mungkin terlihat oleh orang lainmengganggu atau kita memasang foto yang cukup menghebohkan. Oleh karena itu dibutuhkan upaya dan kebijakan agar menggunakan Facebook tanpa mengganggu orang lain. Berikut ini sepuluh tips yang seharusnya tidak dilakukan di Facebook:

1. Menggunakan Mail dari Facebook Dibandingkan Email yang Biasa

Jangan keseringan mengirim mail dengan Facebook jika Anda mengetahui alamat email asli teman Anda. Mengapa?Hal itu membuang waktu saja.Anda kirim mail ke teman Anda dan Facebook mengirimkan email pemberitahuan ke teman Anda. JadiAnda telah menciptakan surat dalam surat yang menjengkelkan, apalagi bagi mereka yang memiliki koneksi maupun bandwidth seadanya.

 

2. Menambah Teman Lama Lalu Melupakan Mereka

Hal ini banyak terjadi dan mungkin inilah kejahatan terbesar dari jejaring sosial.Anda iseng mencari-cari nama teman SD atau SMP di Facebook dan ternyata Anda menemukannya. Lalu Anda menambahkan ia sebagai teman dan setelah menjadi teman Anda melupakannya dengan tidak pernah menyapanya sama sekali.

 

3. Menambahkan Orang yang Tidak Dikenal Sama Sekali

Situs jejaring sosial seperti halnya dunia maya menjadi rimba belantara yang liar. Untuk itulah kalau seandainya ada seseorang yang hendak menambahkan Anda sebagai temannya tapi tidak mengenal dia sama sekali, sebaiknya hal tersebut dihindari atau Anda bisa mencari informasi tentang dia sebelum memutuskan untuk menambahkan dia sebagai teman. Hal itu bisa dilakukan dengan mengirimkan email kepadanya.

 

4. Menerima Invitationdari Orang yang Tidak AndaKenal

Seperti halnya poin di atas, suatu hari Anda menerima invitation dan setuju untuk bergabung. Lalu setelah diperhatikan, ternyata tidak terdapat teman-teman Anda dalam group tersebut.Tentunya Anda akan merasa asing dan menjadikan group tersebut sebagai sarana menumpang saja tanpa pernah memberikan sumbangsih kepada group tersebut.

 

5. Meng-update Facebook di Saat Semestinya AndaSakit

Yang ini mungkin bisa disebut kecerobohan yang terencana. Anda sedang tidak ingin masuk kerja dan pikir-pikir mungkin akan bilang sakit, lalu Anda menghubungi kantor dan menginformasikan bahwa Andaberhalangan masuk hari ini. Lalu karena iseng dan ceroboh Andamembuka Facebook dan meng-update status setiap beberapa menit seperti: sekarang sedang sarapan, sedang makan es krim, main video game atau yang lainnya. Seperti itulah yang disebut kecerobohan terencana karena bisa saja bos atau rekan kerja di kantor mengawasi Facebook Anda.

 

6. Menulis di Wall Dibandingkan Komunikasi Secara Pribadi

Keterbukaan atau narsisme, itulah yang terjadi ketika para penggunanya ingin selalu berbagi kepada orang lain tentang apa yang mereka lakukan lewat status di Facebook. Hal ini mungkin bagus, tapi jika seandainya Anda membutuhkan sesuatu yang pribadi baiknya jangan ditulis di wall sehingga semua orang bisa membacanya. Contohnya Anda ingin mengadakan acara khusus yang hanya dikunjungi oleh beberapa teman undangan Anda, tapi karena Anda menuliskannya di wall maka rencana acara khusus itu menjadi tidak khusus lagi karena banyak teman sudah tahu.

 

7. Mengeluh di Status Facebook

Hal paling mengganggu di Facebook adalah membaca wall seseorang yang isinya berupa keluhan pribadi. Misal: Anda baru saja putus cinta dan menulis di wall, “Aku menyesal kisah cinta kita berakhir seperti ini. Aku sayang kamu dan akan merindukanmu. Aku harap kamu dapat memaafkanku kelak.” Jangan tuliskan keluhan yang sifatnya sangat pribadi di wall, karena bukan simpati yang didapatkan melainkan orang akanmengenal Andacengeng.

 

8. Meng-Upload Foto di Facebook dan Menghapus File Aslinya

Walaupun Facebook bisa digunakan untuk menyimpan foto-foto pribadi tetapi jangan sekali-kali menghapus foto asli di komputer Anda. Facebook tidak bagus ketika kompresi dan me-resizefoto.

 

9. Men-Tag Teman dalam Foto Tanpa Sepengetahuannya

Hal ini sangat mengganggu ketika teman di Facebook meng-upload foto yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan Anda dan ia rupanya men-tagAnda dan beberapa temannya. Karena foto itu menghebohkan maka banyak yang berkomentar, dan repotnya komentar yang ada diinformasikan ke email orang-orang yang di-tag. Cukup menjengkelkan karena Anda menerima email yang banyak tetapi tak satupun Anda kenal.

 

10. Membuat dan Bergabung dengan Groupyang dapat Meresahkan

Facebook memang bebas, terbuka, dan terkadang karena sebab itulah Facebook dimanfaatkan oleh beberapa kalangan untuk membuat group yang menyuarakan aspirasi dan kepentingan mereka walaupun itu terkesan menyudutkan orang lain atau hanya sekedar fitnah belaka. Hindari untuk membuat dan bergabung dengan group seperti itu.

Sumber : berbagai sumber


Like the Post? Do share with your Friends.

No comments:

Post a Comment

IconIconIconFollow Me on Pinterest

KOMPAS TEKNO

Page Rank

PageRank Checker

What's Hot