Memaknai hidup untuk saling berbagi. Walaupun tidak berbentuk materi, tapi berbagi berupa ilmu dan informasi. Karena Informasi Tiada Henti







Tuesday 5 March 2013

Makanan-Makanan Diet Terbaik

Diet, bukan hanya sekedar menghitung jumlah kalori saja. Anda juga harus dapat memastikan bahwa Anda telah memenuhi asupan nutrisi yang berkualitas dan mencukupi dari berbagai makanan diet yang Anda harus konsumsi. Apa - apa sajakah makanan diet terbaik itu?

Baiklah, sekarang mari kita lihat beragam makanan diet dari seluruh dunia, pasti Anda akan menemukan banyak sekali jenis makanan diet tersebut. Namun yang akan saya sajikan di bawah ini adalah makanan diet terbaik yang relatif tersedia di Indonesia. Salah satunya adalah kategori protein dengan 5 makanan yang memiliki protein tinggi. Selanjutnya saya akan bahas kategori yang lainnya seperti karbohidrat, lemak, dan camilan (snack).

Protein

1. Tuna
Sebagai salah satu makanan pokok para atlit binaraga, tuna mengandung protein berkualitas tinggi dan esensial yang mudah dicerna oleh berbagai usia dalam jumlah yang banyak. 100 gr daging tuna panggan mengandung sekitar 24 gr protein. Tuna juga mengandung asam lemak baik omega-3 yang terdiri dari DHA dan EPA yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung karena melawan kolesetrol.

2. Telur
Telur adalah makanan yang sangat sering  dan paling banyak dikonsumsi oleh para fitness manis sejak dahulu kala. Karena telur merupakan sumber protein yang mudah dicari, murah harganya dan termasuk salah satu favorit bagi orang fitness kebanyakan. Sebenarnya, kualitas protein itu sendiri dinilai dari beberapa parameter, salah satunya adalah Biological Value atau biasa disebut dengan BV. Semakin tinggi nilai dari BV tersebut, maka akan semakin mudah protein tersebut diserap oleh tubuh. Dan telur memiliki nilai BV yang tertinggi diantara jenis makanan berprotein lainnya yaitu 100.

3. Kedelai
Kedelai merupakan makanan yang berprotein yang sangat digemari. Karena kedelai merupakan makanan dengan tingkat protein yang tinggi dan juga kedelai memiliki harga yang terjangkau. Selain itu juga, kedelai juga bisa menjadi pilihan untuk orang yang memiliki alergi terhadap susu sapi. Kedelai juga terdapat zat yang berfungsi sebagai antioksidan dan di dalam kedelai selain makanan yang memiliki protein tinggi juga masih terdapat kandungan makanan yang lainnya, seperti vitamin, mineral, dan serat.

4. Susu
Sebenarnya, susu memiliki 2 jenis protein, yaitu 80 % protein kasein dan 20 % sisanya adalah whey protein yang biasanya banyak dikonsumsi oleh para fitness mania untuk membentuk tubuh dan perut yang sixpack. Selain itu juga, whey protein ini juga sangat mudah diserap oleh tubuh.

5. Daging Putih
Salah satu makanan yang merupakan daging putih adalah daging ayam. Tapi, jangan salah, bukan semua bagian dari daging ayam adalah mengandung protein. Pada ayam yang merupakan daging putih yang mengandung protein adalah daging dada ayam. Sementara, bagian daging yang lainnya mengandung kolestrol dan lemak. Jadi, jika anda ingin mengambil kandungan proteinnya saja, sebaiknya anda mengkonsumsi daging dada ayam yang memiliki protein yang bisa dikatakan cukup.

Nah, selain itu pula masih banyak jenis dan makanan yang mengandung banyak protein. Baik yang nabati maupun hewani dan jika ditanya mana yang lebih baik antara protein nabati dan hewani. Jawabannya adalah sama, tetapi harus tetap diimbangi dalam mengkonsumsi makanan tersebut baik makanan yang berprotein nabati maupun hewani.

Selanjutnya, saya akan berbagi lagi info tentang makanan yang dapat dikonsumsi sebagai pilihan makanan diet anda dalam kategori yang lain.

Semoga info ini bermanfaat buat anda.

Like the Post? Do share with your Friends.

No comments:

Post a Comment

IconIconIconFollow Me on Pinterest

KOMPAS TEKNO

Page Rank

PageRank Checker

What's Hot