Memaknai hidup untuk saling berbagi. Walaupun tidak berbentuk materi, tapi berbagi berupa ilmu dan informasi. Karena Informasi Tiada Henti







Saturday 30 March 2013

Perilaku Organisasi



Dalam mempelajari perilaku organisasi dipusatkan pada 3 karakter yaitu perilaku, struktur, dan proses.
v  Fokus pertama, perilaku utama dalam organisasi
v  Fokus kedua, struktur dari organisasi dan kelompok dimana struktur organisasi berpengaruh besar terhadap perilaku individu
v  Fokus ketiga, proses organisasi antara lain meliputi komunikasi, kepemimpinan, proses pengambilan keputusan dan kekuasaan

Latar Belakang Sejarah Perilaku Organisasi
Masa praktik awal
Ada tiga nama peting yang mempunyai pengaruh besar dalam menentukan arah dan batasan dari perilaku organisasi, mereka itu adalah Adam Smith, Charles Babbage dan Robert Owen.

Adam Smith (1776)

Adam Smith telah memberikan kontribusi yang sangat penting dengan doktrin ekonominya, yaitu spesialis bidang kerja atau pembagian tugas dengan berbagai argumentasi yang sangat dalam. Adam Smith memberikan contoh pembagian tugas dengan speliasasi bidang kerja tertentu dalam pabrik pembuatan peniti. Ada sepuluh orang pekerja dalam pabrik tersebut, setiap orang mempunyau tugas tertentu dengan mengerjakan suatu bagian kerja tertentu. Sepuluh orang pekerja tersebut da[at membuat 48.000 upah peniti tiap harinya. Selanjutnya, jika setiap pekerja mengambil kawat sendiri-sendiri kemudian meluruskannya, membuatkan ujung batangnya, hasilnya setiap perkerja dapat membuat satu peniti dalam satu hari, kalau ada sepuluh pekerja maka dapat membuat sepuluh peniti setiap hari. Dan spesialis bidang pekerjaan tertentu termotivasi oleh keuntungan yang berlipat ganda dari doktrin Adam Smith pada 2 abad silam.

Charles Babbage (1883)
Charles Babbage dari ]Inggris yang telah mengembangkan sistem pembagian tugas yang telah diartikulasikan pertama kali oleh Adam Smith. Babbage menambahkan beberapa keuntungan dengan sistem pembagian tugas, yang telah dikemukkan oleh Adam Smith. Selain keterampilan, menghemat waktu yang terkadang sering disia-siakan terbuang ketika penggantian tugas satu ke tugas yang lain. Keuntungan tersebut, yaitu :
a)      Mempersingkat waktu yang diperlukan untuk belajar suatu pekerjaan
b)      Menghemat pemborosan material yang diperlukan dalam pelajaran pada tiap tingkatan
c)       Memungkinkan untuk menghasilkan tingkat keterampilan yang tinggi
d)      Memungkinkan kemampuan untuk membandingkan keterampilan seseorang dan bakat fisik dnegan tugas-tugas tertentu

Robert Owen (1825)
Robert Owen adalah orang penting dan berjasa dalam sejarah perilaku organisasi karena ia adalah seorang insdustrialis pertama yang mengingatkan bagaimana sistem pabrik yang sedang tumbuh dan berkembang telah merendahkan para pekerja. Ia menolak praktik-praktik kekerasan yang ia lihat di pabrik-pabrik, seperti anak yang bekerja di bawah umur 10 tahun, 13 jam dkerja tiap hari dengan kondisi kerja yang menyedihkan. Owen menjadi seorang reformer, ia mencek para pemilik pabrik yang memperlakukan peralatan lebih baik dibandingkan dengan para karyawannya, ia mengkritik mereka yang membeli mesin dengan harga mahal sementara membayar para pekerja yang menjalankan mesin tersebut dengan harga sangat murah. Owen mengatakan bahwa mempergunakan uang untuk meningkatkan para pekerja merupakan salah satu investasi terbaik yang menjadi pilihan para eksekutif bisnis, ia mengklaim bahwa memperlihatkan consern kepada para karyawan akan sangat menguntungkan kesengsaraan manusia. Untuk ukuran zaman Owen ia tentu sangat idealis tapi seratus tahun setelah tahun 1825 ditetapkan jam kerja untuk semua, undang-undang perburuhan anak, pendidikan untuk umum, perusahaan memberikabn makan pada waktu kerja.

Masa Klasik
Masa klasik meliputi tahun 1900 – 1930. Selam periode ini, untuk pertama kali teori-teori manajemen secara umum mulai dikembangkan, pada saat ini yang banyak kontribusi dalm perilaku organisasi, mereka itu adalah Frederick W. Taylor, Henry Fayol, Max Weber, Mary Panther Follet dan Chester Bernard telah meletakkan dasar praktik-praktik manajemen sekarang.

Like the Post? Do share with your Friends.

No comments:

Post a Comment

IconIconIconFollow Me on Pinterest

KOMPAS TEKNO

Page Rank

PageRank Checker

What's Hot